Minggu, 12 Desember 2010

Bermain Imajinasi Tangkal Gemuk



Studi terbaru menemukan penangkal sempurna untuk membatasi asupan makanan atau aktivitas tak sehat. Membayangkan makan sebanyak-banyaknya jauh lebih efektif untuk menurunkan berat badan, daripada menyiksa diri dengan diet ketat.

Tim peneliti Carnegie Mellon University menyatakan, membayangkan makanan yang menggugah selera menjadi cara untuk menjaga diri dari konsumsi makanan tidak sehat.

Berdasarkan serangkaian percobaan, sejumlah partisipan diminta membayangkan lezatnya mengudap permen cokelat. Pada saat makan yang sesungguhnya, mereka terbukti makan lebih sedikit daripada yang disajikan.

Menurut ilmuwan, itu terjadi akibat habituasi atau proses yang mengurangi respons terhadap rangsangan pada aktivitas mental yang berulang.

Joachim Vosgerau, anggota tim peneliti, mengatakan, peran pikiran terhadap diet atau untuk mengurangi perilaku tak diinginkan mungkin lebih efektif. "Kami percaya ini adalah penelitian pertama untuk menunjukkan imajinasi dapat menurunkan daya tarik dari setiap stimulus yang awalnya menarik."

Di masa lalu, menghindari pikiran yang atas makanan yang tengah diidamkan dianggap cara terbaik mengendalikan berat badan. Namun, temuan terbaru ini menyarankan sebaliknya.
"Ketika berhenti merokok, Anda akan berusaha menekan keinginan untuk membayangkan rokok. Menurut teori kami, yang harus Anda lakukan adalah membayangkan Anda merokok atau makan. Pencitraan di otak akan mengurangi keinginan tersebut," ujarnya seperti dikutip dari Shine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar