Selasa, 16 November 2010

Anak Pertama Paling Sering Difoto?




Coba cek kembali album foto keluarga di rumah, foto siapa yang paling mendominasi? Jika jawabannya adalah anak pertama Anda, tak heran, karena sebuah survey di Inggris menemukan jutaan pasutri rajin memotret anak pertamanya. Sementara, untuk anak kedua dan berikutnya, cenderung jarang dimanjakan dengan kamera.

Survey yang diadakan oleh Nikon menunjukkan, 46 persen orangtua dari 1.413 responden mengaku lebih sering memotret anak pertamanya. Sementara 51 persen responden mengatakan jumlah foto setiap anak imbang. Sedangkan tiga persen responden mengaku lebih sering memotret anak yang lebih muda. Inilah jawaban dari para orangtua. Di sisi lain, dari perspektif anak, sebanyak 34 persen mengklaim album foto keluarga mayoritas dipenuhi oleh foto kakak sulung.

Lantas apa alasan utama orangtua lebih sering memotret anak tertua? Keterbatasan waktu dan merasa bosan mengambil gambar serupa untuk anak kedua dan berikutnya menjadi alasan umumnya.

Psikolog pendidikan Dr Michele Borba mengatakan, terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi perilaku orangtua ini. Borba juga meyakini, sifat pilih kasih ini bisa jadi salah satu faktor yang turut berkontribusi atas teori sindrom anak kedua. Teori inilah yang melihat adanya dampak urutan kelahiran pada kepribadian.

"Persaingan antarsaudara adalah hal umum yang biasa ditemui dalam keluarga, terutama keluarga besar dengan jumlah anak tiga atau lebih," papar Borba, menjelaskan teori sindrom anak kedua.

Kecenderungan lain yang membuat orangtua lebih sering mendokumentasikan anak pertamanya adalah karena pengalaman pertama menyaksikan tumbuh kembang anak. Mulai langkah pertama, kata pertama yang diucapkan anak pertama, hari pertama di sekolah, dan lain sebagainya.

"Seringkali para orangtua tak menyadari bahwa mereka telah merekam banyak gambar atau mengumpulkan banyak foto anak pertamanya, karena kegembiraan ini," jelas Borba.

Berdasarkan survey Nikon, orangtua juga lebih sering memotret atau merekam aktivitas anak pertama saat di pantai. Sedangkan, aktivitas lain seperti saat anak makan, atau saat tampil di pertunjukan sekolah kurang mendapat perhatian.

Bagaimana dengan anak Anda dan album foto di rumah? Apakah benar didominasi anak pertama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar